Selamat Datang di Blog SMART ONE Corp. Bila Anda Butuh Jasa Penyelenggaraan Pendidikan Maupun Event Organizer Bisa Hub Kami: 021-93208484 atau 0812-83810066. Terima Kasih

Selasa, 05 Maret 2013

Buku Panduan Hebat MenCETAK Pelajar

0 komentar
 

SMART ONE kembali berkarya.
Sebuah buku istimewa hadir di tengah-tengah kita. Buku yang 'sengaja' dihadirkan bagi seorang pelajar agar mampu menjadikan dirinya cerdas, enerjik, tangguh, aktif, dan kreatif.

Buku ini dibagi menjadi enam bab seperti daftar isi yang tertera di bawah ini:

BAB I Self Development
Kenali potensi dirimu!
Kembangkan bakatmu!
10 Kualitas pribadi agar disukai orang banyak
Menumbuhkan pribadi berkarakter

BAB II Art Of Learning
Belajar tidak seberat yang dibayangkan
Ciptakan suasana belajar tanpa stres (rileks)
Cara-cara belajar yang baik
Kenali tingkah laku belajar

BAB III Fast Learning
Superlink yang hebat
Belajar cepat ala SMART
Melatih otak dengan baik
Cara menghafal yang baik

BAB IV Quantum Learning
Setiap orang cerdas!
Model pembelajaran kuantum
Belajar ala otak kanan
Keajaiban dibalik sebuah hitung-hitungan

BAB V Achievement
Setiap kita punya potensi berprestasi
Mulailah dengan berpikir besar
Buktikan kreativitasmu!
Berprestasi bersama alfabet

BAB VI Leadership
Setiap kita adalah pemimpin
5 sikap agen perubahan
Prinsip dasar seorang pemimpin
Tumbuhkan jiwa kepemimpinan

Dalam bab pertama, penulis mengulas tentang bagaimana cara menemukan potensi lalu berusaha mengembangkan bakat yang ada dalam diri. Layaknya berkaca pada Thomas A. Edison yang mampu mengenali potensi dalam dirinya dan tak pantang menyerah dalam mengembangkan bakat yang dimilikinya sehingga kini ia dikenal sebagai penemu bohlam lampu. Sekalipun ia telah 10.000 kali gagal dalam setiap eksperimennya, Edison tidak menganggapnya sebagai sebuah kegagalan. Kata Edison "Saya telah berhasil menciptakan 10.000 kesuksesan yang belum membuahkan hasil!".

Dalam bab kedua, dijelaskan bahwa kesan yang biasa muncul dalam pikiran seorang pelajar saat mendengar kata "pendidikan" atau "belajar", jawabannya adalah "membosankan", "ujian", "pekerjaan rumah", "buang-buang waktu", "hukuman", tidak relevan", "tahanan", 'idih'....., "benci dan takut". Maka, dalam bab dua ini penulis ingin menanamkan pemikiran bahwa belajar tidak seberat yang dibayangkan, asalkan kita tahu seni dalam belajar seperti mengenali gaya belajar sehingga proses belajar tidak membuat stres dan tercipta suasana belajar yang menyenangkan.

Untuk bab ketiga, penulis mencoba menginformasikan bahwa setiap manusia memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Dan kombinasi dari gaya belajar serta pemakaian sisi otak kita ternyata mampu memproses dan menyimpan informasi secara cepat. Oleh karena itu dengan mengetahui cara belajar yang terbaik, maka kita akan tahu bagaimana cara belajar, membaca, dan mengkaji sesuatu dengan lebih cepat dan efektif. Selain itu banyak teknik belajar dengan cepat khususnya cara merekam memori dan melatih untuk menghafal dengan baik yang selama ini masih menjadi keluhan bagi beberapa pelajar.

Bab keempat tidak kalah menarik pembahasannya. Di dalam bab ini, penulis mencoba meyakinkan pada setiap pelajar bahwa Allah sudah menakdirkan setiap orang itu cerdas, hanya saja berbeda kecerdasannya satu sama lain seperti menurut Dr. Howard Gardner dengan teori Multiple Intelligence ‘kecerdasan majemuk’ yang meliputi kecerdasan linguistic-verbal, kecerdasan logika-matematik, kecerdasan spasial-visual, kecerdasan ritmik-musik, kecerdasan kinestetik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan naturalis. Setiap jenis kecerdasan dapat dioptimalkan melalui proses pembelajaran kuantum yang melibatkan kedua belah bagian otak sehingga mengorkestrasikan berbagai interaksi menjadi cahaya yang melejitkan prestasi seorang pelajar.

Muara dari seluruh bab dalam buku ini ada pada bab kelima. Isi dari bab lima ini mengajak para pelajar untuk berani bermimpi dan memulainya dengan berpikir besar dalam meraih prestasi dengan segala kelebihan yang dimiliki, serta menyingkirkan segala bentuk rintangan dalam meraih apa yang dicita-citakan. Semua itu tentu akan terwujud dengan bantuan motivasi baik dari dalam diri maupun dari luar (keluarga, lingkungan dsb). Sehingga perjuangan dalam meraih sebuah prestasi dilakukan secara totalitas, penuh percaya diri dan tidak mudah putus asa.

Selain dari bab-bab di atas, terdapat bab penutup yakni bab keenam yang mencoba menguak sisi lain seorang pelajar yang mungkin sudah sering dicap ”ABG labil, “sukanya tawuran”, “cinta pergaulan bebas” yang itu semua menjadi label negatif dari seorang pelajar. Padahal tidak semua pelajar begitu adanya, masih banyak pelajar yang mampu memimpin dirinya sendiri sehingga bisa menghindar dari segala pergaulan yang tidak baik. Ya, menumbuhkan jiwa kepemimpinan, baik dalam lingkungan sekolah seperti aktif berorganisasi tentu akan menambah kesan tersendiri bagi mereka yang merupakan agen perubahan dalam menghadapi tantangan jaman.

Seperti itulah sedikit ulasan dari setiap bab dalam buku istimewa ini. Sengaja dipersembahkan bagi para pelajar, yang harus lebih banyak ‘disentuh’ dunianya. Buku ini hadir sebagai panduan untuk menghasilkan para pelajar yang cerdas, enerjik, tangguh, aktif dan kreatif. Kolaborasi penulis yang juga merupakan pasangan suami istri ini berharap agar buku ini dapat dijadikan panduan bagi para praktisi pendidikan untuk dapat membantu menciptakan generasi muda (khususnya pelajar) agar tidak hanya cerdas akademik namun juga baik moral serta akhlaknya sehingga akan semakin mencerdaskan kehidupan berbangsa. Insya Allah.

Penulis: Deasy Lyna Tsuraya & Ayatullah ZN
Harga: Rp 30.000,-

Pesan segera; 0812-83810066.

0 komentar: